RSS

Internal Branding Paduan Suara Mahasiswa Universitas Brawijaya

INTERNAL BRANDING
PADUAN SUARA MAHASISWA
UNIVERSITAS BRAWIJAYA
MALANG

SEKILAS TENTANG PSM UNIVERSITAS BRAWIJAYA
Paduan Suara Mahasiswa Universitas Brawijaya pada awalnya berdiri sebagai bagian dari unit kesenian di lingkungan Universitas Brawijaya, bergabung dengan  unit kegiatan band dan unit kegiatan karawitan dan tari. Seiring  berjalannya waktu, sebagai akibat dari berbedanya seni suara dengan yang lain, maka pada 12 Maret 1986, ketiga unit aktivitas ini sepakat untuk memisahkan diri. Dan unit aktivitas ini berdiri dengan nama Unit Aktivitas Paduan Suara Mahasiswa Universitas Brawijaya (UAPSM UB) yang disahkan dengan Surat Keputusan BKK No. 0778/BKK/1986 yang menetapkan berdirinya Unit Aktivitas Paduan Suara Mahasiswa Universitas Brawijaya.
UAPSM UB yang juga dikenal sebagai Brawijaya University Student Choir (BUSC) bertugas dalam berbagai acara Universitas Brawijaya, khususnya yang bersifat seremonial, misalnya Wisuda Sarjana, Pengukuhan Guru besar, Upacara Bendera dan lain lain. Sebagai suatu organisaasi mahasiswa di bidang minat dan bakat, tentunya tidak hanya belajar bernyanyi, namun juga belajar berorganisasi. Akhirnya pada tanggal 1 Oktober 1998 UAPSM UB membuat pedoman jalannya organisasi, pada Rapat Anggota (RATA) yang membahas dan menetapkan AD/ART Unit Aktivitas Paduan Suara Mahasiswa Universitas Brawijaya yang berlokasi di kompleks sekretariat bersama UKM Rusunawa Lantai 1 Kavling 4.
Saat ini UAPSM UB juga telah berhasil menunjukkan eksistensinya di tingkat nasional dengan berbagai prestasi yang telah diraih di berbagai kompetisi nasional. Kaya ragam, kaya warna, demikianlah  UAPSM UB yang memiliki berbagai macam anggota  dan latar belakang yang berbeda, namun sebagai Tim Paduan Suara Mahasiswa, keragaman merupakan khasanah dan batu pijakan untuk mewujudkan kesatuan warna dalam ber-Paduan Suara.


INTERNAL BRANDING PSM UNIVERSITAS BRAWIJAYA

Internal branding dilakukan dalam membantu pembentukkan external branding UAPSM. Internal branding yang dilakukan oleh  yaitu dengan membuat Identitas fisik sehingga dapat dilihat secara nyata oleh publiknya dan identitas non fisik lebih menitikberatkan kepada menumbuhkan sense of belonging pengurus UAPSM dengan menanamkan visi misi organisasi, sejarah, dan prestasi yang telah dicapai oleh UAPSM.



1.    Identitas Fisik
No
Nama
Gambar
Keterangan
1
Pakaian Dinas Lapangan


Gambar 8. Pakaian Dinas Lapangan sebagai Bukti Fisik Internal Branding PSM Brawijaya
Sumber : Dokumentasi Penulis
Pakaian Dinas Lapangan, biasanya digunakan oleh para Rapat Anggota ketika mengadakan atau mengikuti lomba. Contohnya saja seperti lomba yang diadakan di Universitas Airlangga beberapa waktu yang lalu
2
Logo dan Nama

Gambar 9. Logo UAPSM Universitas Brawijaya
Gambar 10. Logo BUSC
Sumber : http://facebook.com/psm.brawijaya
Gambar logo bagian atas merupakan logo yang digunakan waktu mengikuti acara-acara formal. Seperti yang kita ketahui sendiri, UAPSM UB merupakan Unit Aktivitas, jadi dibawahi langsung oleh pihak Rektorat. Sedangkan bagian bawah adalah logo BUSC yang digunakan ketika mengikuti acara di luar negeri.
3
Jargon PSM Brawijaya

Gambar 11. “Toss” PSM Brawijaya
Sumber : Dokumentasi Penulis
Jargon PSM Brawijaya, merupakan aktivitas yang mereka lakukan setiap setelah melakukan latihan olah vokal rutin.
4
Medali

Gambar 12. Medali PSM Brawijaya
Sumber : Dokumentasi Penulis
Medali PSM Universitas Brawijaya ini mereka dapatkan pada saat mengikuti lomba SEGHIZZI di Gorizia, Italia 2013
5
Ruang Sekretariat PSM Brawijaya

Gambar 13. Ruang Sekretariat PSM Brawijaya
Sumber : Dokumentasi Penulis 
Ruang sekret PSM Universitas Brawijaya yang bertempat di UKM Rusunawa Lantai 1 Kavling 4.
6
Poster Acara
Gambar 14. Poster Acara “The Love Letters From The Past”
Sumber : Dokumentasi Penulis
Poster acara “The Love Letters From The Past” yang merupakan strategi mereka untuk menarik minat mahasiswa maupun masyarakat.
7
Whiteboard PSM Brawijaya

Gambar 15. Whiteboard PSM Brawijaya
Sumber : Dokumentasi Penulis
Whiteboard PSM Universitas Brawijaya digunakan untuk nenuliskan berita-berita yang ingin diinformasikan kepada anggota UAPSM.
8
Loker PSM Brawijaya
Gambar 16. Loker PSM Brawijaya
Sumber : Dokumentasi Penulis

Loker PSM Brawijaya digunakan untuk menaruh berkas Humas
9
Pigura PSM Brawijaya

Gambar 17. Pigura PSM Brawijaya
Sumber : Dokumentasi Penulis


Pigura digunakan untuk mengabadikan momen UAPSM dalam perlombaan, hal ini dilakukan oleh Humas untuk menambahkan rasa semangat anggota UAPSM dalam lomba selanjutnya.

2.    Identitas Non-Fisik
Identitas non fisik dalam membangun internal branding UAPSM Brawijaya adalah dengan menanamkan visi misi, sejarah dan prestasi dalam rangka menumbuhkan rasa memiliki anggota kepada organisasi UAPSM Brawijaya. Selain itu, terdapat juga kultur organisasi mereka sendiri. Identitas Non Fisiknya adalah sebagai berikut :

a.    Sejarah PSM Brawijaya
Paduan Suara Mahasiswa Universitas Brawijaya pada awalnya berdiri sebagai bagian dari unit kesenian di lingkungan Universitas Brawijaya, bergabung dengan  unit kegiatan band dan unit kegiatan karawitan dan tari. Seiring  berjalannya waktu, sebagai akibat dari berbedanya seni suara dengan yang lain, maka pada 12 Maret 1986, ketiga unit aktivitas ini sepakat untuk memisahkan diri. Dan unit aktivitas ini berdiri dengan nama Unit Aktivitas Paduan Suara Mahasiswa Universitas Brawijaya (UAPSM UB) yang disahkan dengan Surat Keputusan BKK No. 0778/BKK/1986 yang menetapkan berdirinya Unit Aktivitas Paduan Suara Mahasiswa Universitas Brawijaya.
UAPSM UB yang juga dikenal sebagai Brawijaya University Student Choir (BUSC) bertugas dalam berbagai acara Universitas Brawijaya, khususnya yang bersifat seremonial, misalnya Wisuda Sarjana, Pengukuhan Guru besar, Upacara Bendera dan lain lain. Sebagai suatu organisaasi mahasiswa di bidang minat dan bakat, tentunya tidak hanya belajar bernyanyi, namun juga belajar berorganisasi. Akhirnya pada tanggal 1 Oktober 1998 UAPSM UB membuat pedoman jalannya organisasi, pada Rapat Anggota (RATA) yang membahas dan menetapkan AD/ART Unit Aktivitas Paduan Suara Mahasiswa Universitas Brawijaya yang berlokasi di kompleks sekretariat bersama UKM Rusunawa Lantai 1 Kavling 4.

b.    Visi
Mengembangkan potensi UAPSM Universitas Brawijaya menjadi lebih positif.

c.    Misi
Membangun dan menumbuhkembangkan lingkungan yang positif dalam diri dan antar anggota.

d.    Prestasi
PSM Brawijaya memiliki banyak prestasi baik dalam tingkat nasional maupun internasional.

e.    Kultur Organisasi
Kultur organisasi di dalam PSM Brawijaya, PSM memiliki satu jargon dan berbagai yel-yel untuk membangkitkan semangat anggota-anggota PSM. Biasanya jargon digunakan untuk setelah latihan, sebelum dan sesudah kompetisi, dan sesudah rapat baik itu rapat pengurus maupun rapat acara. Jargon dan Yel-yel diulang terus-menerus untuk meningkatkan sense of belonging para anggota PSM Brawijaya. Biasanya sebelum berangkat lomba, anggota PSM UB menyanyikan hymne brawijaya untuk meningkatkan kepercayaan diri anggota PSM dan jargonnya adalah “Brawijaya! Oke oke! Brawijaya! Oke oke! BUSC! Oke!, Brawijaya University Student Choir (kalau sedang ada acara atau kompetisi biasanya ditambahkan kata “Goes to (nama acara/kompetisinya), We are the best so do our the best”, ketika ada salah satu anggota yang kurang bersemangat, biasanya antar anggota saling menyemangati dengan menyanyikan yel-yel secara bersama-sama.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Post a Comment