INTERNAL
BRANDING
PADUAN
SUARA MAHASISWA
UNIVERSITAS
BRAWIJAYA
MALANG
SEKILAS TENTANG PSM
UNIVERSITAS BRAWIJAYA
Paduan Suara Mahasiswa Universitas
Brawijaya pada awalnya berdiri sebagai bagian dari unit kesenian di lingkungan
Universitas Brawijaya, bergabung dengan
unit kegiatan band dan unit kegiatan karawitan dan tari. Seiring berjalannya waktu, sebagai akibat dari
berbedanya seni suara dengan yang lain, maka pada 12 Maret 1986, ketiga unit
aktivitas ini sepakat untuk memisahkan diri. Dan unit aktivitas ini berdiri
dengan nama Unit Aktivitas Paduan Suara Mahasiswa Universitas Brawijaya (UAPSM
UB) yang disahkan dengan Surat Keputusan BKK No. 0778/BKK/1986 yang menetapkan
berdirinya Unit Aktivitas Paduan Suara Mahasiswa Universitas Brawijaya.
UAPSM UB yang juga dikenal sebagai Brawijaya University Student Choir
(BUSC) bertugas dalam berbagai acara Universitas Brawijaya, khususnya yang
bersifat seremonial, misalnya Wisuda Sarjana, Pengukuhan Guru besar, Upacara
Bendera dan lain lain. Sebagai suatu organisaasi mahasiswa di bidang minat dan
bakat, tentunya tidak hanya belajar bernyanyi, namun juga belajar
berorganisasi. Akhirnya pada tanggal 1 Oktober 1998 UAPSM UB membuat pedoman
jalannya organisasi, pada Rapat Anggota (RATA) yang membahas dan menetapkan AD/ART
Unit Aktivitas Paduan Suara Mahasiswa Universitas Brawijaya yang berlokasi di
kompleks sekretariat bersama UKM Rusunawa Lantai 1 Kavling 4.
Saat ini UAPSM UB juga telah berhasil
menunjukkan eksistensinya di tingkat nasional dengan berbagai prestasi yang
telah diraih di berbagai kompetisi nasional. Kaya ragam, kaya warna,
demikianlah UAPSM UB yang memiliki
berbagai macam anggota dan latar
belakang yang berbeda, namun sebagai Tim Paduan Suara Mahasiswa, keragaman
merupakan khasanah dan batu pijakan untuk mewujudkan kesatuan warna dalam
ber-Paduan Suara.
INTERNAL BRANDING PSM
UNIVERSITAS BRAWIJAYA
Internal branding dilakukan dalam membantu pembentukkan
external branding UAPSM. Internal
branding yang dilakukan oleh yaitu
dengan membuat Identitas fisik sehingga dapat dilihat secara nyata oleh
publiknya dan identitas non fisik lebih menitikberatkan kepada menumbuhkan sense of belonging pengurus UAPSM dengan
menanamkan visi misi organisasi, sejarah, dan prestasi yang telah dicapai oleh
UAPSM.
1.
Identitas
Fisik
No
|
Nama
|
Gambar
|
Keterangan
|
1
|
Pakaian Dinas Lapangan
|
Gambar
8. Pakaian Dinas Lapangan sebagai Bukti Fisik Internal Branding PSM Brawijaya
Sumber : Dokumentasi Penulis
|
Pakaian Dinas Lapangan, biasanya digunakan oleh para Rapat Anggota ketika
mengadakan atau mengikuti lomba. Contohnya saja seperti lomba yang diadakan
di Universitas Airlangga beberapa waktu yang lalu
|
2
|
Logo dan Nama
|
Gambar
9. Logo UAPSM
Universitas Brawijaya
Gambar 10. Logo BUSC
Sumber : http://facebook.com/psm.brawijaya
|
Gambar logo bagian atas merupakan logo yang digunakan waktu mengikuti
acara-acara formal. Seperti yang kita ketahui sendiri, UAPSM UB merupakan
Unit Aktivitas, jadi dibawahi langsung oleh pihak Rektorat. Sedangkan bagian
bawah adalah logo BUSC yang digunakan ketika mengikuti acara di luar negeri.
|
3
|
Jargon PSM
Brawijaya
|
Gambar
11. “Toss” PSM Brawijaya
Sumber
: Dokumentasi Penulis
|
Jargon PSM
Brawijaya, merupakan aktivitas yang mereka lakukan setiap setelah melakukan
latihan olah vokal rutin.
|
4
|
Medali
|
Gambar 12. Medali PSM Brawijaya
Sumber : Dokumentasi Penulis
|
Medali PSM Universitas Brawijaya ini mereka dapatkan pada saat mengikuti
lomba SEGHIZZI di Gorizia, Italia 2013
|
5
|
Ruang Sekretariat PSM
Brawijaya
|
Gambar 13. Ruang Sekretariat PSM Brawijaya
Sumber : Dokumentasi Penulis
|
Ruang sekret PSM Universitas Brawijaya yang bertempat di UKM Rusunawa Lantai 1 Kavling 4.
|
6
|
Poster Acara
|
Gambar 14. Poster Acara “The Love Letters From The Past”
Sumber : Dokumentasi Penulis
|
Poster acara “The Love Letters From
The Past” yang merupakan strategi mereka untuk menarik minat mahasiswa
maupun masyarakat.
|
7
|
Whiteboard PSM Brawijaya
|
Gambar 15. Whiteboard PSM Brawijaya
Sumber : Dokumentasi Penulis
|
Whiteboard PSM Universitas Brawijaya digunakan untuk nenuliskan berita-berita
yang ingin diinformasikan kepada
anggota UAPSM.
|
8
|
Loker PSM Brawijaya
|
Gambar 16. Loker PSM Brawijaya
Sumber : Dokumentasi Penulis
|
Loker PSM Brawijaya
digunakan untuk menaruh berkas Humas
|
9
|
Pigura PSM Brawijaya
|
Gambar 17. Pigura PSM Brawijaya
Sumber : Dokumentasi Penulis
|
Pigura digunakan
untuk mengabadikan momen UAPSM dalam perlombaan, hal ini dilakukan oleh Humas
untuk menambahkan rasa semangat anggota UAPSM dalam lomba selanjutnya.
|
2.
Identitas
Non-Fisik
Identitas non fisik dalam membangun
internal branding UAPSM Brawijaya adalah dengan menanamkan visi misi, sejarah
dan prestasi dalam rangka menumbuhkan rasa memiliki anggota kepada organisasi
UAPSM Brawijaya. Selain itu, terdapat juga kultur organisasi mereka
sendiri. Identitas Non Fisiknya adalah sebagai berikut :
a.
Sejarah PSM Brawijaya
Paduan
Suara Mahasiswa Universitas Brawijaya pada awalnya berdiri sebagai bagian dari
unit kesenian di lingkungan Universitas Brawijaya, bergabung dengan unit kegiatan band dan unit kegiatan
karawitan dan tari. Seiring berjalannya
waktu, sebagai akibat dari berbedanya seni suara dengan yang lain, maka pada 12
Maret 1986, ketiga unit aktivitas ini sepakat untuk memisahkan diri. Dan unit
aktivitas ini berdiri dengan nama Unit Aktivitas Paduan Suara Mahasiswa
Universitas Brawijaya (UAPSM UB) yang disahkan dengan Surat Keputusan BKK No.
0778/BKK/1986 yang menetapkan berdirinya Unit Aktivitas Paduan Suara Mahasiswa
Universitas Brawijaya.
UAPSM
UB yang juga dikenal sebagai Brawijaya
University Student Choir (BUSC) bertugas dalam berbagai acara Universitas
Brawijaya, khususnya yang bersifat seremonial, misalnya Wisuda Sarjana,
Pengukuhan Guru besar, Upacara Bendera dan lain lain. Sebagai suatu organisaasi
mahasiswa di bidang minat dan bakat, tentunya tidak hanya belajar bernyanyi,
namun juga belajar berorganisasi. Akhirnya pada tanggal 1 Oktober 1998 UAPSM UB
membuat pedoman jalannya organisasi, pada Rapat Anggota (RATA) yang membahas
dan menetapkan AD/ART Unit Aktivitas Paduan Suara Mahasiswa Universitas
Brawijaya yang berlokasi di kompleks sekretariat bersama UKM Rusunawa Lantai 1
Kavling 4.
b. Visi
Mengembangkan potensi UAPSM
Universitas Brawijaya menjadi lebih positif.
c. Misi
Membangun
dan menumbuhkembangkan lingkungan yang positif dalam diri dan antar anggota.
d. Prestasi
PSM
Brawijaya memiliki banyak prestasi baik dalam tingkat nasional maupun
internasional.
e. Kultur
Organisasi
Kultur organisasi di dalam PSM
Brawijaya, PSM memiliki satu jargon dan berbagai yel-yel untuk membangkitkan
semangat anggota-anggota PSM. Biasanya jargon digunakan untuk setelah latihan,
sebelum dan sesudah kompetisi, dan sesudah rapat baik itu rapat pengurus maupun
rapat acara. Jargon dan Yel-yel diulang terus-menerus untuk meningkatkan sense of belonging para anggota PSM
Brawijaya. Biasanya sebelum berangkat lomba, anggota PSM UB menyanyikan hymne brawijaya untuk meningkatkan
kepercayaan diri anggota PSM dan jargonnya adalah “Brawijaya! Oke oke!
Brawijaya! Oke oke! BUSC! Oke!, Brawijaya
University Student Choir (kalau sedang ada acara atau kompetisi biasanya
ditambahkan kata “Goes to (nama
acara/kompetisinya)”, We are the best so do our the best”,
ketika ada salah satu anggota yang kurang bersemangat, biasanya antar anggota
saling menyemangati dengan menyanyikan yel-yel secara bersama-sama.
0 comments:
Post a Comment